Home / Tekno & Gadget / Android VS IOS Manakah Yang Terbaik???

Android VS IOS Manakah Yang Terbaik???

Adroid vs IOS

bocahweb.com-Jika anda Membeli smartphone baru hari ini, sangat bagus jika smartphone yang anda beli itu menjalankan sistem operasi android atau IOS Apple, kedua platform ini menyumbangkan 99.7% dari semua ponsel cerdas baru yang telah di buat sejak tahun 2017. Menurut IDC persentase itu berkembang pesat tahun lalu, bahkan sekarang mikrosoft pun telah menyerahkan windows phone dan blackberry ke android

Berita baiknya adalah kedua smartphone ini  sangat bangus, dengan sedikit kesamaan satu sama lain, kami mencoba mengadu kedua platform ini mana yang  tebaik untuk masing-masing platform dan semua itu tergantung anda sebagai konsumen.

HARGA

Bicara mengenai pasar iphone selalu berada di tingkat atas, seperti iphone X dengan harga $1000 dan iphone XS Max seharga $1100 jika anda inginmencoba dengan harga yang terjangkau adan bisa membeli iphone XR dengan harga $750 dan iphoen 8 Dengan Harga $600, Jika anda tidak ingin menghabiskan banyak uang anda dapat membeli  iphone 7 bekas  dengan harga $450 itu adalah harga  yang termurah di dapat kecuali jika anda menguasai harga pasar barang bekas.

Untuk skala dan variasi bagus tidak ada yang dapat menyaingi android, Anda bisa menghabiskan banyak uang jika anda ingin membeli Google Pixel 3 XL dan Samsung Galaxy Note dengan harga yaang hampir sama dengan iphone Apple, tetapi ada juga banyak pilihan handset murah dan bagus dari berbagai produsen yang berbeda, dan platform ini sengaja dioptimalkan untuk dijalankan pada perangkat keras kelas bawah. Faktanya  bahwa Android juga memimpin dalam bidang aplikasi gratis. dan adroid menjadi pilihan utama bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang.

Pemenang: Android

APPS

Mari kita mulai dengan melihat angka-angkanya. Ini kira-kira berapa banyak aplikasi yang akan Anda temukan di Google Play Store dan Apple App Store:

  • Aplikasi Android: 3,5 juta
  • Aplikasi iOS: 2,2 juta

Sejujurnya, angka bukanlah metrik terbaik karena kebanyakan dari kita hanya menggunakan beberapa aplikasi dan yang paling populer tersedia di kedua platform. Secara tradisional, iOS telah menjadi platform yang lebih menguntungkan bagi para pengembang, sehingga ada kecenderungan untuk aplikasi-aplikasi baru muncul lebih dulu, tetapi itu berubah ketika pangsa pasar Android terus tumbuh. Di amerika., iOS masih memimpin, tetapi pengembang di tempat lain semakin menargetkan Android terlebih dahulu.

Play Store masih memiliki persentase aplikasi gratis yang lebih tinggi daripada App Store. Tapi game seluler terbaik masih lebih dulu mendarat di iOS – dan tidak selalu datang ke Android. Pada akhirnya, kualitas mengalahkan kuantitas dan karenanya ini adalah kemenangan tipis untuk iOS.

Pemenang : IOS

APP STORE

Android vs IOS app store

Sulit untuk mengatur jutaan aplikasi dan game dengan sempurna di Google Play Store maupun Apple App Store . Secara keseluruhan, Apple App Store memberikan pengalaman menjelajah yang lebih baik di ponsel Anda dan melakukan pekerjaan yang lebih baik . Sedangkan playstore lebih mudah yaitu dapat memasang aplikasi dengan gratis di smatphone anda.

kami menyukai iphone karena untuk membeli aplikasi bisa menggunakan sidik jari melalu TouchID di iPhone dan anda dapat mengatur hal yang sama di playstore di  android anda dengan sensor sidik jari tapi android memiliki kelebihan yaitu kebijakan pengembalian uang tidak-quibble dalam waktu dua jam setelah pembelian. Ada beberapa aplikasi yg tidak di sukai di kedua toko, tetapi apple umunya lebih keras tenatnag pemblokian aplikasi jenis aplikasi tertentu, Itu bisa menjadi hal yang baik untuk kualitas Iphone 

Pemenang : IOS

ALTERNATIVE APP STORES AND SIDELOADING

Sideloading  aplikasi di Android relatif mudah. Centang kotak di pengaturan, unduh APK, dan Anda telah Memasangnya. Juga ada  banyak aplikasi app store Android alternatif di luar Play Store, tetapi melakukan sideloading dapat memudahkan  terjadinya risiko malware. App store Apple menentang  aplikasi pihak ketiga. Jika Anda menginginkan pilihan aplikasi yang lebih bagus  dan sideloading yang mudah, maka pilihan Anda sudah jelas.

pemenang : Android

MAPS

Android vs IOS Maps

Sebagai sistem navigasi yang lebih baru, Apple Maps tidak memiliki awal yang baik, tetapi telah meningkat secara signifikan. Fitur utamanya serupa, Anda dapat mengunduh peta untuk penggunaan offline, mendapatkan perkiraan yang akurat berdasarkan kondisi lalu lintas saat ini, dan menemukan arah belokan demi belokan untuk mengemudi atau berjalan. Anda juga akan menemukan angkutan umum dan integrasi pemesanan perjalanan. Semua itu bekerja dengan baik dan membuat Anda mencapai tujuan Anda.

Satu hal yang ditawarkan Google Maps yang tidak dilakukan oleh Apple Maps adalah petunjuk arah bersepeda. Secara keseluruhan, skala dan kualitas Google Maps tidak tertandingi. Ini memiliki lebih banyak tempat menarik dan umumnya lebih rinci daripada Apple Maps, tetapi akurasinya dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Diberi pilihan, kami selalu memilih Google Maps, dan meskipun Anda bisa mendapatkannya di iOS, itu lebih baik di Android karena itu adalah aplikasi navigasi default.

pemenang  : Android

UMUR BATERAI DAN PENGISIAN 

Sebagai salah satu masalah terbesar bagi pemilik smartphone adalah usia baterai . Sulit untuk membandingkan kedua platform ini  karena tidak ada perangkat keras yang sama. Bisa dibilang iOS dioptimalkan untuk memeras baterai paling banyak per peringkat mAh, tetapi Anda dapat membeli perangkat Android dengan baterai yang jauh lebih besar yang dengan mudah dan bertahan lebih lama dari iPhone.

Anda juga dapat melihat secara sekilas penggunaan  baterai Android dan iOS , Ini kelompokkan berdasarkan aplikasi, tetapi hanya Android yang menunjukkan perkiraan berapa lama baterai yang tersisa. Keduanya menawarkan mode hemat daya yang dapat memperpanjang masa pakai baterai Anda, yaitu dengan membatasi kinerja, konektivitas, dan fitur daya-sadap lainnya, tetapi pada umunya di Android cara kerja baterai lebih dapat di sesuaikan.

Android memiliki keunggulan pada cara  pengisian daya, karena banyak ponsel Android menawarkan kemampuan pengisian cepat dan pengisian daya nirkabel. Namun, Apple iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X  anda harus membeli  pengisian nirkabel dan pengisian cepat secara terpisah, padahal biasanya  pada ponsel Android selalu di sediakan ketika kita membeli baru.

Kategori ini jauh dari jelas, tetapi membandingkan ponsel Android dengan harga yang sama dengan iPhone, mereka cenderung memiliki daya tahan baterai lebih lama dan mereka selalu memiliki pengisi daya cepat yang disertakan dalam kemasan, sehingga Android mendapat kemenangan.

Pemenang : Android 

UPDATES

IOS Apple menawarkan pembaruan perangkat lunak dan tambalan keamanan yang konsisten dan tepat waktu. Jika Anda menginginkan pengalaman yang sama di Android, maka Anda harus membeli salah satu ponsel Google Pixel. Beginilah pembagian versi iOS menurut situs web resmi Pengembang Apple:

  • iOS 12: 78 %
  • iOS 11: 17%
  • Sebelumnya: 5%

Hampir 80 persen dari semua perangkat iOS sekarang menjalankan versi terbaru. Sebaliknya, kami tidak tahu berapa banyak perangkat Android yang menjalankan Android 9.0 Pie terbaru, tetapi itu adalah persentase yang sangat kecil dari semua versi. Beginilah cara Android memecah sesuai dengan situs web resmi Pengembang Android:

  • Android 8.1 Oreo: 7.5 %
  • Android 8.0 Oreo: 14 %
  • Android 7.1 Nougat: 10.1 %
  • Android 7.0 Nougat: 18.1 %
  • Android 6.0 Marshmallow: 21.3 %
  • Android 5.1 Lollipop: 14.4 %
  • Android 5.0 Lollipop: 3.5 %
  • Android 4.4 KitKat: 7.6 %
  • versi lama : 3.5 %

Jika Anda menginginkan fitur terbaru, perbaikan bug, dan pembaruan keamanan, maka Anda harus memilih iOS.

Pemenang : IOS

CUSTOMISASI

Android vs IOS costumisasi

Ini selalu menjadi salah satu kekuatan utama Android. Sangat mudah untuk mensetingnya ,Anda dapat mengatur tata letak yang Anda inginkan di layar beranda, menambahkan widget dan pintasan, dan bahkan mengubah seluruh antarmuka pengguna dengan Launcher.

Anda juga dapat mengatur latar belakang di iOS namun tidak untuk widget, tetapi Anda tidak memiliki hal seperti tingkat kebebasan yang sama. Android juga memungkinkan Anda untuk mengatur aplikasi pihak ketiga sebagai opsi default Anda, Jika Anda senang bermain-main, atau ingin tampilan yang uni di layar beranda, maka Android adalah pilihan  platform untuk Anda.

pemenang : Android

PEMAKAIAN

anda berpersepsi bahwa Android lebih rumit  dari pada IOS anda salah, Kedua  platform ini menawarkan cara pemakaian  yang mudah,

jika anda mempunyai kerabat yang lansia dan gaptek, Android menawarkan fitur khusus, Seperti contoh perusahaan samsung menawarkan kepada konsumen “Easy mode ” atau mode mudah. yang mempunyai antar muka yang sederhana dan android dapat memilih pihak ketiga untuk melakukan hal yang sama, ada banyak aplikasi khusus untuk orang  yg berkebutuhan khusus di Android Dan IOS.

Akhirnya, iOS lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dalam beberapa hal penting. Ini seragam di semua perangkat iOS, sedangkan Android sedikit berbeda pada perangkat dari produsen yang berbeda. Kami juga berpikir iOS bagus  dan lebih ramping daripada kebanyakan ponsel Android, meskipun Android sangat elegan dan mudah diakses.

Pemenang : IOS

 PANGGILAN DAN PESAN

Android VS IOS Panggilan Dan Pesan

Fungsionalitas panggilan dan perpesanan pada dasarnya di kedua platform sudah bagus, tetapi agak membingungkan di Android. Google tampaknya menggabungkan semuanya menjadi Hangouts, yang memungkinkan pesan, SMS, obrolan video, obrolan grup, dan lainnya melalui Wi-Fi atau jaringan data Anda, tetapi kemudian dirilis Allo dan Duo dengan agak membingungkan. Ada juga Pesan Android, yang dulu disebut Google Messenger, dan itu adalah aplikasi SMS default. Lebih buruk lagi, Anda akan menemukan banyak produsen suka menawarkan alternatif mereka sendiri. Banyak ponsel Android datang dengan aplikasi perpesanan dan dialer mereka sendiri di samping aplikasi perpesanan Google, atau mereka menghilangkan aplikasi Google. Sepertinya Obrolan, berdasarkan pada standar perpesanan Rich Communication Services (RCS) yang baru, akan menyatukan berbagai hal, tetapi akan butuh waktu sebelum tersedia di semua ponsel Android.

FaceTime dan iMessage sudah diinstal sebelumnya di setiap iPhone dan iPad, jadi sangat mudah untuk terhubung dengan teman dan keluarga Anda. Sementara iMessage sangat mudah digunakan, ia berfungsi paling baik saat berkomunikasi dengan pengguna iPhone lainnya. Anda akan menemukan integrasi aplikasi pihak ketiga, stiker menyenangkan, GIF, dan banyak lagi di iMessage. Kami memberi iOS kemenangan karena konsistensi dan kemudahan penggunaannya.

Pemenang : IOS

EMAIL

Aplikasi email default di Android dan iOS sangat mudah digunakan dan cepat diatur. Anda dapat menarik beberapa akun email dan melihatnya dalam satu kotak masuk jika diinginkan. Android dan iOS juga memiliki sejumlah besar aplikasi email pihak ketiga. Namun, Gmail adalah aplikasi email default yang lebih kuat daripada Mail iOS. Karena Gmail adalah sistem alamat email paling populer di dunia, masuk akal bahwa aplikasi Gmail akan menjadi pemenang. Anda juga dapat menambahkan alamat email dari berbagai penyedia di Gmail dengan mudah.

Satu-satunya masalah adalah ponsel Android sering menawarkan aplikasi email alternatif yang dibuat oleh produsen, yang mungkin baik  atau mungkin tidak baik.

Pememenang : Android

CAMERA

Android vs IOS Camera

Ini adalah kategori yang sulit untuk dibahas. duhulu kami berpendapat bahwa Apple melakukan pekerjaan terbaik dalam menangkap pencahayaan, pewarnaan, dan detail lainnya, tetapi smartphone Android terbaru banyak menimbulkan keraguan pada pernyataan itu. Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL contohnya.

Sementara sebagian besar Android flagships saat ini bagus, atau kadang-kadang hebat, Ada sedikit variasi dan kualitas kamera dari banyak perangkat kelas menengah tidak mendekati kualitas kamera iPhone. Seperti yang Anda harapkan, sebagian besar ponsel Android biasanya memiliki kamera berkualitas lebih rendah.

Aplikasi kamera pada kedua platform sangat baik dan sangat cepat. Untuk kemudahan penggunaan dan hasil terbaik tanpa mengutak-atik, ada lebih banyak variasi pada Android hanya karena produsen cenderung menambahkan aplikasi kamera mereka sendiri dengan banyak fitur, beberapa bagus, beberapa agak menarik perhatian. tetapi dengan peringatan bahwa ponsel Android teratas, khususnya Pixel 3, menawarkan pengalaman kamera ponsel cerdas terbaik.

Pemenang : IOS

PHOTO BACKUP

Jika Anda menggunakan aplikasi Foto di Android, maka Anda dapat secara otomatis mencadangkan semua foto dan video Anda. Tidak ada keraguan bahwa Google adalah pilihan terbaik karena menawarkan penyimpanan gratis tanpa batas, asalkan Anda tidak keberatan dengan batas 16 megapiksel untuk gambar dan batas resolusi 1080p untuk video.

Anda dapat mencadangkan foto dan video pada resolusi asli dengan iCloud atau Foto Google, tetapi Anda hanya mendapatkan ruang kosong 5GB dengan iCloud, dibandingkan dengan 15GB dengan Google Drive. Anda juga dapat mencadangkan foto dan video tanpa batas dalam resolusi penuh dengan Foto Google jika Anda memiliki telepon Pixel bermerek Google.

Kategori ini diperumit oleh fakta bahwa default di iOS adalah iCloud, tetapi Anda juga dapat menggunakan Foto Google di iOS. Namun, karena kebanyakan orang menggunakan opsi default, kami memberikan Android kemenangan di sini.

Pemenang : Android

CLOUD SERVICES

Apple masih tertinggal dalam hal penyimpanan cloud dan cadangan otomatis. Google Drive menawarkan 15GB secara gratis dan memiliki dukungan lintas platform. Anda hanya mendapatkan 5GB dengan iCloud, dan itu hanya berfungsi dengan Windows, Mac, dan iOS.

Jika Anda membutuhkan banyak ruang tambahan, Google Drive dulu termurah di $ 2 per bulan untuk 100GB ($ 24 untuk tahun ini), tetapi Apple menurunkan harga untuk mencocokkan. Apple mengenakan biaya $ 1 per bulan untuk 50GB. Keduanya menawarkan 1TB untuk $ 10 per bulan.

Penyimpanan cloud Android lebih mudah digunakan dan lebih efektif daripada iCloud. Anda juga dapat menggunakan Google Drive di iPhone, sedangkan iCloud hanya untuk iOS.

Pemenang : Android

VOICE ASSISTANTS

Android VS IOS Voice asisten

Anda dapat melakukan banyak hal yang sama dengan Apple’s Siri seperti halnya Anda dengan Google Assistant, tetapi Siri lebih seperti pembantu langsung untuk mengatur janji temu kalender, mencari di web, atau membuat panggilan. Google Assistant memiliki lapisan ekstra. Secara pre-emptive dapat menawarkan saran yang bermanfaat, dan memiliki sisi percakapan yang lebih banyak yang menawarkan permainan yang menghibur dan informasi kontekstual berdasarkan apa yang Anda lakukan. Ini lebih pintar dan lebih fleksibel daripada Siri.

Penambahan Siri Shortcuts di iOS 12, yang memungkinkan Anda untuk mengatur perintah suara untuk memicu kelompok tugas otomatis, adalah langkah besar ke arah yang benar dan Siri juga mulai membuat lebih banyak saran berdasarkan penggunaan iPhone Anda. Namun, untuk saat ini, Asisten Google dapat melakukan lebih banyak dan tampaknya membaik dengan kecepatan yang jauh lebih cepat.

Pemenang : Android

SECURITY

banyak hal yang telah dibuat dari android diantanranya adalah malware. Sebenarnya kebanyakan orang tidak merasakan  msalah karena mereka tidak memakai aplikasi selain dari yang di playstore . Pabrik tertentu seperti Samsung telah melakukan upaya ekstra untuk meningkatkan keamanan untuk pasar perusahaan. namun sifat pembaharuan yang meresahkan dari banyak aplikasi selalu menjadi faktor utma dalam memperbaharui keamanan.

Pembaruan sekarang lebih penting dengan alasan pelanggaran keamanan mejadi lebih serius dan android tertinggal dalampembaharuan tersebut.jutaan ponsel Android masih menjalankan perangkat lunak yang berumur bertahun-tahun, mereka dapat rentan terhadap peretasan serius seperti Heartbleed dan Stagefright.

Google mengklaim telah berkomitmen untuk sepenuhnya melindungi privasi pengguna dan masih menyediakan layanan AI yang ditawarkannya, tetapi beberapa pakar keamanan dan Apple berpendapat bahwa Google menyajikan pilihan yang salah antara privasi dan A.I. Apple bahkan berperang dengan FBI untuk menjamin hak Anda atas enkripsi. Sulit untuk mengalahkan dedikasi semacam itu.

Tidak dapat disangkal bahwa iOS adalah platform yang paling aman dan yang paling melindungi privasi pengguna. Jika Anda peduli dengan privasi dan keamanan Anda, gunakan iPhone.

pemenang : IOS

ROOTING, BOOTLOADERS, AND JAILBREAKING

Kami telah melihat cara me-rooting ponsel atau tablet Android sebelumnya dan Ini bukan untuk semua orang, tetapi jika Anda ingin akses root dan kontrol penuh atas perangkat Anda, maka rooting adalah cara untuk mendapatkannya. Rooting memberi Anda akses ke lebih banyak aplikasi, pembaruan OS terbaru tanpa menunggu, skin perangkat lunak baru untuk mendapatkan estetika yang Anda inginkan, peluang untuk menyingkirkan bloatware dari operator dan produsen, potensi penyesuaian untuk meningkatkan kecepatan dan masa pakai baterai perangkat Anda, dan banyak lagi .

Banyak OEM Android (original equipment manufacturers) menawarkan cara untuk membuka kunci bootloader, yang menentukan bagaimana sistem operasi memuat pada perangkat Anda. Apple benar-benar menentang hal semacam ini. Jailbreaking adalah opsi untuk iOS, yang memungkinkan Anda mengunduh dan menginstal aplikasi dari luar App Store dan melewati beberapa batasan lainnya.

Pemenang : Android

CASES AND ACCESSORIES

Rata-rata pemilik iPad atau iPhone menghabiskan lebih banyak uang untuk lebih banyak hal daripada pemilik perangkat Android rata-rata, dan Apple telah membangun ekosistem periferal yang hebat untuk ponsel dan tabletnya. Ada jauh lebih banyak periferal dan case yang ditujukan untuk iPhone daripada perangkat lain, tetapi sesuatu seperti Samsung Galaxy S9 akan menjadi yang kedua.

Di sisi lain, perangkat Android telah mengadopsi standar Micro USB atau USB-C, sedangkan Apple bersikeras pada kabel Lightning miliknya, yang berarti jauh lebih mudah untuk menemukan pengisi daya jika Anda bukan pemilik iPhone. Ini sering kali berarti Anda harus menggunakan adaptor Apple yang mahal. Pabrikan periferal mungkin masih mengejar iOS sebagai target utama mereka, tetapi sangat jarang menemukan sesuatu tanpa dukungan USB Mikro atau USB-C.

Tanda lain terhadap Apple di sini terkait dengan ditinggalkannya port audio standar 3,5mm, yang dimulai dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Anda memang mendapatkan adaptor di dalam kotak, tetapi mudah hilang dan pilihan headphone yang menggunakan jack audio 3,5 mm jauh melebihi yang menggunakan konektor Lightning. Tentu saja, sekarang beberapa ponsel Android mengganti jack headphone untuk audio USB-C, jadi ini mungkin tidak menjadi perbedaan lebih lama.

Penting juga untuk dicatat bahwa ekosistem produk Apple semuanya bekerja sama dengan sangat baik. Produk iPad, Apple Watch, MacBook, dan HomeKit semuanya bekerja bersama dalam harmoni yang sempurna. MacOS, WatchOS, dan iOS semuanya terhubung dengan baik, membuatnya mudah untuk memiliki semua produk Apple di halaman yang sama.

Karena ponsel Android diproduksi oleh banyak produsen yang berbeda, ekosistem produk bervariasi. Samsung memiliki ekosistem yang hebat, misalnya, dan ponsel Android mendapat dukungan dari Home, Chromecast, dan Android Wear. Namun, itu tidak sepenuhnya mulus.

Secara keseluruhan, dengan mempertimbangkan semua aksesori yang tersedia, Anda memiliki lebih banyak pilihan dengan iPhone, jadi iOS menang di sini, tetapi dengan peringatan.

Pemenang : IOS

KESIMPULAN

Secara numerik, Android memenangkan 10 kategori dan iOS memenangkan 8 kategori, tetapi iOS menang di beberapa kategori yang lebih penting . Sangat sulit untuk membandingkan keduanya. Karena Apple mengontrol perangkat keras dan perangkat lunak, Anda akan menemukan bahwa iOS menawarkan pengalaman yang lebih seragam di seluruh perangkat.

Perbandingan langsung dari versi terbaru Android dan iOS tidak akan mewakili pengalaman kebanyakan orang, karena sebagian besar perangkat Android tidak menjalankan versi terbaru. Pengalaman yang Anda dapatkan semakin diperumit oleh kenyataan bahwa sebagian besar produsen ponsel pintar Android menambahkan antarmuka pengguna mereka sendiri di atas stok Android Google. Akibatnya, ada perbedaan yang cukup besar antara menggunakan Google Pixel 3, Samsung Galaxy S9, dan LG V40 ThinQ, misalnya.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan perangkat Android, pastikan Anda melakukan sedikit riset dan melihat versi Android yang dijalankannya. 

Pada akhirnya, kategori yang berbeda akan menjadi penting bagi orang yang berbeda, jadi Anda harus memperhatikan yang sesuai dengan Anda dan membuat keputusan berdasarkan itu. Jika keamanan dan privasi merupakan faktor penting, maka iPhone adalah pilihan yang jelas. Jika daya tahan menjadi pilihan utama anda  dan Anda ingin dapat menyesuaikan telepon Anda, maka pilih Android. Baik Android dan iOS adalah platform yang matang, fitur-fitur dengan jauh lebih banyak kesamaan dari pada perbedaan, dan kami sungguh-sungguh dapat merekomendasikan keduanya.

sumber : digitaltrens

 

Check Also

samsung galaxy m20

Samsung M20 harga dan spesifikasi

Samsung Galaxy M20 – Diluncurkan di india adalah smartphone yang di perkenalkan khusus untuk generasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oopsst..!! Ga boleh copas yaaa :D