Home / KESEHATAN / Macam-macam Gangguan Kepribadian Manusia

Macam-macam Gangguan Kepribadian Manusia


Gangguang kepribadian – Semua orang pasti menginginkan kepribadian yang banyak di sukai banyak orang, gangguan kepribadian merupakan kondisi dimana seseorang yang berpola fikir dan perilaku akal yang tidak sehat

macam - macam gangguan kepribadian

Perlu di ingat gangguan kepribadian itu bukan gangguan kejiwaan, hanya saja merupakan gejala. Semua orang pasti memiliki gangguan kepribadian. Yang manakah anda? yuk di baca :


Paranoid Personality Disorder

Gangguan kepribadian paranoid ditandai oleh ketidakpercayaan terhadap orang lain dan selalu curiga terus-menerus pada orang di sekitarnya bahkan dia beranggapan orang yang di sekitarnya memiliki niat buruk terhadapnya. Orang dengan gangguan kepribadian seperti ini cenderung memiliki kepercayaan yang sangat berlebihan pada pengetahuan dan kemampuan diri sendiri, dan biasanya orang seperti ini sangat tertutup pada orang lain . Mereka selalu mencari maksud tersembunyi dalam segala hal dan membaca niat bermusuhan pada tindakan orang lain. Mereka mudah mempertanyakan kesetiaan teman dan orang yang dicintai dan sering bersikap dingin dan menjaga jarak dengan orang lain. Mereka biasanya mengalihkan tanggung jawab kepada orang lain dan cenderung menyimpan dendam dalam waktu yang sangat lama.Gangguan kepribadian ini sulit diobati, orang yang memiliki kepribadian ini bisa di tandakan dengan :

 ➡ suka curigaan pada orang lain

 ➡ suka baper pada setiak reaksi orang lain 

 ➡ suka banget ngungkit-ngungkit kesalahan orang lain 


Schizoid Personality Disorder

Orang yang memiliki kepribadian seperti ini selalu menghindari untuk menjalin hubungan dengan orang lain dan orang seperti ini suka hidup menyendiri namun diam-diam menginginkan popularitas. Mereka cendering mencari pekerjaan yang membutuhkan sedikit kontak social. Keterampilam sosial mereka sering terlihat lemah dan mereka selalu tidak menunjukan perlunya perhatian atau penerimaan. orang yang memiliki kepribadian seperti ini dianggap tidak humoris dan selalu menjaga jarak terhadap orang lain dan sering orang ini di sebut penyendiri. mereka selalu memimpikan ke akraban di saat mereka tidak berani membuka dirinya pada orang lain, orang-orang seperti ini bisanya di tandai dengan :

 ➡ suka menjauhi orang-orang yang terkesan sangat bersahabat

➡ tidak mau mengungkapkan perasaan

➡ sulit diajak akrab


Schizotypal Personality Disorder

Gangguan kepribadian semacam ini adalah orang yang sangat sulit untuk akrab atau berhunbungan dekat dengan orang lain. Kelainan ini dapat ditandai dengan  cara berpikir dan memahami yang aneh, dan orang yang dengan gangguan ini sering mencari isolasi dari orang lain. Mereka kadang-kadang percaya bahwa mereka memiliki kemampuan indra keenam atau bahwa mereka terhubung melalui cara-cara tertentu dengan berbagai kejadian yang (sebenarnya) tidak berhubungan sama sekali dengan mereka. Mereka umumnya berperilaku tidak wajar  dan sangat sulit untuk berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama. Perkataan mereka biasanya rumit dan sulit untuk diikuti. orang yang mempunya ke pribadian semacam ini bisa di tandai dengan tingkah :

➡ merasa tidak nyaman dalam membangun hubungan sosial

➡ suka berbicaya yang kurang jelas atau berputar-putar, samar-samar, bahkan kadang sangat rumit untuk di mengerti

➡ penampilan yang aneh

➡ keyakinan yanga aneh kadang-kadang selalu berpikiran yang  magis-magis

Antisocial Personality Disorder

Kepribadian samacam ini adalah orang yang mempunyai keterampilan social yang buruk, orang yang memiliki keribadian semacam ini sering terlibat dalam masalah kriminal, mereka percaya korban-korban mereka lemah dan pantas di mamfaatkan . Anti sosial lebih cendrung sering berbohong dan suka mencuri, mereka sering agresif dan jauh lebih peduli dengan kebutuhan mereka sendiri di banding kebutuhan orang lain. Sebagian besar para criminal yang ada di pencajara memilki kepribadian anti sosial meskipun gejala anti social terus berkurang seiring bertambahnya usia. Tanda-tanda orang yang memiliki ganggaun kepribadian semacam  ini adalah :

➡ Tidak peduli terhadap orang lain

➡ Tidak cepat tanggap atau peka

➡ Selalu mermehkan pendapat orang lain

➡ sering sekali melanggar aturan


Borderline Personality Disorder

Ganguuan kepribadian semacam ini di tandai dengan ketidak stabilan suasana hati dan selalu memiliki perasaan rendah diri, orang yang memiliki gangguan ini cenderung selalu ingin marah pada diri mereka sendiri dan selalu menyakiti diri sendiri. Orang yang melakukan tindakan bunuh diri biasanya memiliki kepribadian bonderline ini, mereka berfikit dengan cara yang sempit dan sering kali bertengkr dalam sebuah hubungan, mereka juga cepat marah ketika harapan nya tidak terpenuhi.

Kenapa gangguan kejiwaan ini di namakan borderline, karena sudah diaggap berada dalam garis atau berbatasan gangguan kejiwaan. Kelainan ini relatif umum, mempengaruhi 2% dari seluruh orang dewasa. Perempuan lebih mungkin untuk menderita borderline daripada pria. Hampir semua pasien rawat inap psikiatri adalah penderita borderline. Dengan pengobatan, pasien sering mendapati gejala mereka membaik.

Pasien dengan kepribadian borderline bisa diobati dengan terapi dimana pasien di ajar untuk mengekpresikan perasaannya dengan cara mengalihkan kearah positif agar tidak menyakiti diri sendiri. Tanda-tanda gangguan borderline adalah:

➡ Labil yang sangat luar biasa

➡ Sangat pintar menyembunyikan perasaannya

➡ Suasana hati yang sulit di tebak

Histrionic personality disorder

Orang yang dengan gangguan kepribadian histrionik adalah pencari perhatian konstan. Mereka selalu ingin  menjadi pusat perhatian setiap waktu, sering menginterupsi orang lain untuk mendominasi pembicaraan. Mereka selalu  menggunakan bahasa yang muluk-muluk untuk menjelaskan kejadian sehari-hari dan mencari pujian terus-menerus. Mereka mungkin mengenakan pakaian yang provokatif atau membesar-besarkan penyakit untuk mendapatkan perhatian. Histrionik juga cenderung membesar-besarkan persahabatan dan hubungan, percaya bahwa semua orang mengasihi mereka. Mereka sering manipulatif. Tanda orang yang memiliki kepribadian semacam ini adalah:

➡ Suka cari perhatian

➡ Senang memancing reaksi orang lain terhadap berbuatannya

➡ pesuasif

Narcissistic Personality Disorder

Gangguan kepribadian narsistik bisa ditandai oleh keegoisan. Orang dengan gangguan ini mencari perhatian dan pujian. Mereka suka membesar-besarkan prestasi mereka, mereka selalu mengharapkan orang lain untuk menganggap mereka superior. Mereka cenderung pilih-pilih teman, karena mereka percaya bahwa tidak sembarang orang layak menjadi teman mereka. mereka cenderung membuat kesan pertama yang baik, namun memiliki kesulitan menjaga hubungan jangka panjang. Mereka umumnya tidak tertarik pada perasaan orang lain dan dapat memanfaatkan orang lain.
Narsisme ini paling sering ditemukan pada pria dan penderitanya sering didiagnosis disertai dengan gangguan mental lainnya. orang- orang seperti ini bisa di tandai dengan kelakuan yang arogan, merasa dirinya paling penting, tidak suka di kritik.


Avoidant Personality Disorder

Gangguan kepribadian avoidant ditandai oleh  kecemasan social yang ekstrem. Orang dengan gangguan ini sering merasa tidak memadai, menghindari situasi sosial, dan mencari pekerjaan dengan sedikit kontak dengan orang lain. Kepribadan semacam ini biasanya takut ditolak dan takut memperlakukan diri mereka di depan orang lain. Mereka membesar-besarkan potensi kesulitan situasi yang baru untuk membenarkan menghindari situasi baru tersebut. Sering kali, mereka akan menciptakan dunia fantasi untuk menggantikan dunia nyata. Avoidants merindukan hubungan sosial, namun mereka merasa mereka tidak dapat memperolehnya. Mereka sering mengalami depresi dan memiliki kepercayaan diri rendah.  Tanda kamu memiliki gangguan kepribadian semacam ini adalah terlalu rendah diri, takut untuk melakukan kesalahan, kaku dan canggung dalam segala kegiatan.


Dependent Personality Disorder

Orang yang memiliki gangguan kepribadian dependent ditandai dengan  sangat tergantung dengan orang lain . Orang dengan gangguan ini cenderung melekat pada orang lain dan takut kehilangan mereka. Kepribadian seperti ini sangat rawan melakukan aksi bunuh diri saat terancam putus dengan orang yang digantunginya. Mereka cenderung untuk membiarkan orang lain membuat keputusan penting bagi mereka dan sering melompat dari suatu hubungan ke hubungan yang lain. Dependent sering berada dalam hubungan yang kasar. Kepekaan berlebihan terhadap penolakan (dalam berbagai hal, tidak hanya dalam masalah asmara) adalah lazim. Dependent sering merasa tak berdaya dan tertekan.  Meraka sangat susah membedakan kepentingan pribadi dengan kepetingan bersama karean mereka beranggapan orang lain sangat penting bagi dirinya, orang yang memiliki kepribadian dependent cenderung tidak bias mengerjakan apapun sendirian, selalu minta tolong dan menghindari kesepian.


Obsessive-Compulsive personality Disorder

Walaupun gangguan kepribadian Obsesif-Kompulsif (Obsesseive Compulsive Personality Disorder / OCPD) terdengar mirip dengan gangguan kecemasan obsesif-kompulsif (Obsessive Compulsive Anxiety Disorder / OCAD), keduanya adalah gangguan yang sangat berbeda. Orang OCPD terlalu fokus pada keteraturan dan kesempurnaan. Kebutuhan mereka untuk melakukan segalanya “benar” sering mengganggu produktivitas mereka. Mereka cenderung untuk terjebak dalam rincian dan kehilangan gambaran yang lebih besar. Mereka menetapkan standar terlalu tinggi bagi dirinya dan orang lain, dan cenderung sangat kritis terhadap orang lain ketika orang lain tidak mampu mengikuti standarnya yang tinggi. Mereka bisasnya menghindari bekerja dalam tim, mempercayai orang lain terlalu ceroboh atau tidak kompeten. Mereka juga menghindari membuat keputusan karena mereka takut membuat kesalahan dan jarang bersikap dermawan dengan waktu atau uang. Mereka sering mengalami kesulitan mengekspresikan emosi.

sumber : youthmanual dan academia.edu

 

Check Also

penyebab sakit kepala

6 Penyebab Sakit Kepala Secara Umum

Sakit Kepala – Merupakan rasa nyeri pada wilayah kepala dan leher yang diakibatkan oleh sekian banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oopsst..!! Ga boleh copas yaaa :D